Senin, 21 Maret 2011

Tekanan dan Kedalaman Laut

Tekanan air laut bertambah terhadap kedalaman. Kedalaman air laut biasanya diukur dengan menggunakan echo sounder atau CTD (Conductivity, Temperature, Depth). Kedalaman yang diukur dengan menggunakan CTD didasarkan pada harga tekanan.
Tekanan didefinisikan sebagai gaya per satuan luas. Semakin ke dalam, tekanan air laut akan semakin besar. Hal ini disebabkan oleh semakin besarnya gaya yang bekerja pada lapisan yang lebih dalam. Satuan dari tekanan dalam cgs adalah dynes/cm2, sedangkan dalam mks adalah Newton/m2. Satu Pascal sama dengan satu Newton/m2. Dalam oseanografi, satuan tekanan yang digunakan adalah desibar (disingkat dbar), dimana 1 dbar = 10-1 bar = 105 dynes/cm2 = 104 Pascal.
Gaya akibat tekanan bekerja dari tekanan yang berbeda pada satu titik ke titik lainnya. Gaya ini bekerja dari tekanan yang lebih tinggi ke tekanan yang lebih rendah. Di laut, gaya gravitasi yang bekerja (ke arah bawah) akan diimbangi oleh gaya akibat adanya perbedaan tekanan tersebut (ke arah atas), sehingga air yang bergerak ke bawah tidak akan mengalami percepatan.
Tekanan pada satu kedalaman bergantung pada massa air yang berada di atasnya. Persamaan yang digunakan untuk mengukur harga kedalaman dari harga tekanan adalah persamaan hidrostatis, yaitu dp=ρ*g*dh, dimana dp=perubahan tekanan, ρ=densitas air laut, g=percepatan gravitasi, dan dh=perubahan kedalaman. Jadi, jika tekanan berubah sebesar 100 dbar, dengan harga percepatan gravitasi g=9.8 m/det23, maka perubahan kedalamannya adalah 99,55 meter. Variasi tekanan di laut berada pada kisaran nol (di permukaan) hingga 10.000 dbar (di kedalaman paling dalam). dan densitas air laut ρ=1025 kg/m

Grafik Tekanan Air Laut 



Angin Laut

Angin laut adalah angin yang bertiup dari arah laut ke arah darat yang umumnya terjadi pada siang hari dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 16.00. Angin ini biasa dimanfaatkan para nelayan untuk pulang dari menangkap ikan di laut.

Angin Darat

Angin darat adalah angin yang bertiup dari arah darat ke arah laut yang umumnya terjadi pada saat malam hari dari jam 20.00 sampai dengan jam 06.00. Angin jenis ini bermanfaat bagi para nelayan untuk berangkat mencari ikan dengan perahu bertenaga angin sederhana.

Tekanan tidak jatuh di atas laut, sehingga gradien tekanan terbuat, dan gradien ini berakibat atas aliran udara yang mencirikan angin laut. Sirkulasi ini dilengkapi oleh udara yang bergerak ke arah laut pada ketinggian 500 sampai 1.500 meter dan mereda di atas perairan pantai. Dimana ada pendakian udara, awan kumulus cenderung terbentuk.
Sebaliknya, kontrak udara ketika didinginkan, sehingga udara turun atas tanah di malam yang jelas. Tekanan demikian menjadi lebih tinggi atas tanah, lebih dari pada laut, dan ini menyebabkan gradien tekanan aliran udara yang lepas pantai ciri angin tanah. Seperti diagram di bawah ini menunjukkan, sirkulasi dilengkapi dengan udara yang bergerak darat pada ketinggian 100 sampai 300 meter dan turun di atas pantai. Sekali lagi, awan kumulus cenderung membentuk mana pendakian udara terjadi.


5 komentar:

  1. muhammad syafiq gumilang - 230210090007

    "Seperti diagram di bawah ini menunjukkan, sirkulasi dilengkapi dengan udara yang bergerak darat pada ketinggian 100 sampai 300 meter dan turun di atas pantai."

    diagram dibawah ini tuh maksudnya diagram yang mana ya?

    BalasHapus
  2. rizcha raharja-230210090014

    tolong jelaskan bagaimana mengukur tekanan air laut di gambar grafik tekanan air laut tersebut yang ada di atas ?

    BalasHapus
  3. jawaban buat saudara rizcha raharja 230210090014

    jadi tekanan pada satu kedalaman bergantung pada massa air yang berada di atasnya. Persamaan yang digunakan untuk mengukur harga kedalaman dari harga tekanan adalah persamaan hidrostatis, yaitu dp=ρ*g*dh, dimana dp=perubahan tekanan, ρ=densitas air laut, g=percepatan gravitasi, dan dh=perubahan kedalaman. Jadi, jika tekanan berubah sebesar 100 dbar, dengan harga percepatan gravitasi g=9.8 m/det23, maka perubahan kedalamannya adalah 99,55 meter. Variasi tekanan di laut berada pada kisaran nol (di permukaan) hingga 10.000 dbar (di kedalaman paling dalam). dan densitas air laut ρ=1025 kg/m

    BalasHapus
  4. infonya bagus,
    mau nanya, echosounder-kan buat mengukur kedalaman laut, tolong jelaskan cara penggunaanya..?

    BalasHapus
  5. Apa alat untuk mengukur tekanan?
    dan apakah ukuran bobot badan mempengaruhi juga tekanan ketika akan menyelam? atau hanya kedalaman saja?

    terima kasih

    BalasHapus